Review Film Neerja : Keberanian Yang Luar Biasa

Tuesday, May 10, 2016

Tadi malam saya menonton film India yang berjudul Neerja. Saya tidak membaca ulasan film ini sebelum menonton. Tapi, setelahnya, karena begitu terkesan, saya mencari info tentang film Neerja dan mendapati bahwa film ini diangkat dari kisah nyata.

Neerja, seorang pramugari senior di perusahaan penerbangan Pan Am. Ketika bertugas pada penerbangan Pan Am jurusan India-Frankfurt dengan transit di Karachi. Tiba di tempat transit untuk menurunkan beberapa penumpang, tiba-tiba masuk empat teroris bersenjata yang menembak ke udara. Seluruh penumpang tentu ketakutan. Namun, Neerja terlihat tenang dan menjalani musibah itu sambil melihat-lihat apakah ada kesempatan untuk menyelamatkan penumpang. Dia dan kru pesawat lainnya melindungi penumpang Amerika yang diincar oleh teroris dengan cara yang mereka bisa. Tetap memberikan air dan makanan kepada penumpang. Lalu, dengan gagah berani mengevakuasi seluruh penumpang (yang masih hidup) meluncuri jalan keluar darurat.

Saya terpukau. Film ini tidak seperti film India yang saya tahu yang penuh nyanyian dan tarian. Ceritanya terjalin dengan apik dan tidak berlebihan. Latar belakang karakter Neerja yang kuat tak lupa dikisahkan. Bahwa, wanita itu 'terjebak' dalam kehidupan rumah tangga dengan suami yang kasar dan ringan tangan, semata-mata karena ia tidak memberikan dowry ketika menikah. Bahwa, Neerja berani memutuskan mengakhiri pernikahan tersebut. Di masa itu, tentu sulit bagi seorang wanita India memiliki prinsip idealis untuk tidak memberikan dowry, apalagi memutuskan bercerai dan menghadapi stigma masyarakat terhadap perempuan yang bercerai.

Neerja adalah perempuan yang berani. Itu, sudah pasti. Ia pun punya empati dan kasih untuk sesama. Aksi heroiknya ketika menyelamatkan penumpang Pan Am Flight 73 tanggal 5 September 1986, sangat luar biasa.


0 comments:

Post a Comment